Thursday, February 7, 2013

tugas ISD soal essay



 .
Nama : SARDI IRFANSYAH
KELAS : 1IB03
NPM :  16412848

BLOG: www.kingofsardi.blogspot.com

A.   ILMU PENGETAHUAN TEKNOLOGI DAN KEMISKINAN

1. Apa perbedaan ilmu dan ilmu pengetahuan?
Setiap ilmu (sains) adalah pengetahuan (knowledge), tetapi tidak setiap pengetahuan adalah ilmu. Ilmu adalah semacam pengetahuan yang telah disusun secara sistematis.
- Ilmu adalah diperoleh melalui kegiatan metode ilmiah atau epistemology.
- Pengetahuan adalah pikiran atau pemahaman diluar atau tanpa metode ilmiah .
2. Apa yang dimaksud:
a.      Metode ilmiah ?
Metode Ilmiah adalah suatu kerangka landasan bagi terciptanya pengetahuan ilmiah.
b.      Cara berfikir analitis,s intesis, induktif dan deduktif?
·         Berfikir analitis adalah suatu tindakan memecah keseluruhan ke dalam bagian-bagian. Dengan cara ini masalah, apapun bentuknya, bisa dipahami dengan lebih sederhana
·         Berfikir SIntesis andalah dimana seseorang melihat keterkaitan atarkategori dalam membentuk pengeahuan yang holistik (utuh).
·         Berfikir Induktif adalah metode yang digunakan dalam berpikir dengan bertolak dari hal-hal khusus ke umum. Hukum yang disimpulkan difenomena yang diselidiki berlaku bagi fenomena sejenis yang belum diteliti.
·         berpikir deduktif adalah metode berpikir yang menerapkan hal-hal yang umum terlebih dahulu untuk seterusnya dihubungkan dalam bagian-bagiannya yang khusus.

3. Sebutkan masa/era perkembangan teknologi?
1. MASA PERASEJARAH
a.       Masa (….s/d 3000 SM) Pada awalnya teknologi informasi yang dikembangkan manusia pada masa ini berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang mereka kenal. Mereka menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, tentang berburu dan binatang buruannya.
b.      Masa 3000 SM Untuk pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda (penyebutan), sehingga mampu menjadi kata , kalimat dan bahasa.
c.       Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)
1.       2900 SM Pengunaan huruf hierogliph pada bangsa Mesir kuno.
2.        500 SM Serat papyrus digunakan sebagai kertas
3.       105 M Bangsa Cina menemukan kertas.
2. MASA MODERN (1400-AN M S/D SEKARANG)
a.       Tahun 1455
 Mesin cetak yang menggunakan plat huruf terbuat dari besi yang dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu dikembangkan untuk yang pertama kalinya oleh Johann Guntenberg.
b.      Tahun 1830
 Augusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya.
c.       Tahun 1837
 Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode Morse bersama Sir Wiliam Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik antara dua tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut.
d.      Tahun 1877
 1) Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang digunakan pertama kali secara umum.
 2) Fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edward Maybridge.
e.       Tahun 1899
Dipergunakan system penyimpanan dalam tape (pita) magnetis yang pertama tetapi pada masa ini penyimpanan masih bersifat analog belum digital seperti masa sekarang.
f.        Tahun 1923
Pada masa ini ditandai dengan Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama.
g.        Tahun 1940
 Dimulainya pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi pada masa Perang Dunia 2 yang digunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.
h.      Tahun 1945
Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan hypertext.Pada masa ini penggunaan hypertext sudah berkembang seiring dengan perkembangan desain website yang saat ini berkembang.
i.         Tahun 1946
Pada masa kurun waktu ini teknologi komputer digital pertama di dunia ENIAC I dikembangkan walaupun belum begitu banyak pemakai tetapi teknologi komputer sudah digunakan instansi-instansi tertentu.
j.         Tahun 1948
Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan transistor.
k.       Tahun 1957
 1) Jean Hoerni mengembangkan transistor planar. Teknologi ini memungkinkan Pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan kedalam sebuah keping kecil kristal silicon.
 2) USSR (Rusia pada saat itu) meluncurkan Sputnik sebagai satelit bumi buatan pertama yang bertugas sebagai mata-mata. Sebagai balasannya Amerika membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) di bawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam bidang militer.
l.          Tahun 1972
 Pada masa ini Ray Tomlinson menciptakan program E-mail pertama yang digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh menggunakan teks.E-mail dapat dikatakan sebagai surat elektronik.
m.    Tahun 1973-1990
 Istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA.
n.       Tahun 1991- Sekarang
Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya.

4.   Apa saja kriteria seseorang disebut miskin versi pemerintah dan versi badan-badan dunia?
·         Versi pemerintah:
a. tidak memiliki faktor produksi sendiri seperti tanah , modal dan lain-lain.
b. tidak memiliki kemungkinan untuk memperoleh asset produksi denan kekuatan sendiri.
c. tingkat pendidikan mereka rendah
d. kebanyakan tinggal di desa sebagai pekerja bebas (self employed) berusaha apa saja.
e. mereka yang tidak memiliki uang atau seseatu untuk memenuhi kebtuhan hidupnya.
·         Versi badan-badan dunia :
a. mereka yang memiliki tingkat pendapatan minimal( versi bank Dunia di kota 75 dolar AS, dan di desa 50 dollar AS per jiwa setahun.

B. AGAMA DAN MASYARAKAT
5. Bagaimana perkembangan agama-agama di Indonesia?
·         Sekitar tahun 100-400 masehi , kerajaan hindu awal seperti kutai dan tarumanegara mulai berkembang di Indonesia. Puncak kejayaan Hindu-Jawa, Kerajaan Majapahit, terjadi pada abad ke-14 M, yang juga menjadi zaman keemasan dalam sejarah Indonesia. Juga dibangunnya candi prambanan.
·         Sekitar tahun 500-700 masehi, kemudian muncul agama budha yang diperantai kerajaan sriwijaya, melayu tua dan kalingga. Sebuah candi Buddha terbesar di dunia, Borobudur, telah dibangun oleh Kerajaan Sailendra, pada abad ke-14 M.
·         Sekekitar  tahun 700-730 masehi , muncul agama islam dibawa oleh dynasty umayyah yang dipimpin oleh sulaeman abdul majid, pada masa ini king java sina masuk ke agama islam, selain itu juga sudah terbentuk jalur perdagangan Indonesia , teluk persi dan juga damaskus.
Islam menyebar sampai pantai barat Sumatera dan kemudian berkembang ke timur pulau Jawa. Pada periode ini terdapat beberapa kerajaan Islam, yaitu kerajaan Demak, Pajang, Mataram dan Banten. Pada akhir abad ke-15 M, 20 kerajaan Islam telah dibentuk, mencerminkan dominasi Islam di Indonesia.
·         Sekitar tahun 1511 masehi agama Kristen masuk ke Indonesia oleh bangsa portugis yang merebut malaka, kemudian menyebarkan agama Kristen katolik.
·         Kristen Protestan pertama kali diperkenalkan oleh bangsa Belanda pada abad ke-16 M dengan pengaruh ajaran Calvinis dan Lutheran. Wilayah penganut animisme di wilayah Indonesia bagian Timur, dan bagian lain, merupakan tujuan utama orang-orang Belanda, termasuk Maluku, Nusa Tenggara, Papua dan Kalimantan.
·         Agama Konghucu berasal dari Cina daratan dan yang dibawa oleh para pedagang Tionghoa dan imigran. Diperkirakan pada abad 3 Masehi, orang Tionghoa tiba di kepulauan Nusantara. Berbeda dengan agama yang lain, Konghucu lebih menitikberatkan pada kepercayaan dan praktik yang individual, lepas daripada kode etik melakukannya, bukannya suatu agama masyarakat yang terorganisir dengan baik, atau jalan hidup atau pergerakan sosial. Di era 1900-an, pemeluk Konghucu membentuk suatu organisasi, disebut Tiong Hoa Hwee Koan (THHK) di Batavia (sekarang Jakarta).

6. Apa yang dimaksud dengan toleransi beragama?
 Toleransi beragama adalah sikap saling menghormati dan menghargai antar umat beragama satu sama lain yang melarang adanya diskriminasi atau pertikaian.
C. PRASANGKA , DISKRIMINASI DAN ETNOSENTRISME
7. Apakah menurut anda di Indonesia masih terjadi diskriminasi?
 Ya, karena masih banyak masyarakat di Indonesia melakukan tindakan tersebut seperti halnya perbedaan pendapat dan ideology suatu masyarakat satu sama lain yang mengakibatkan konflik SARA.
8. Menurut pendapat anda apakah bangsa?
 Bangsa  adalah suatu kelompok manusia yang dianggap memiliki identitas bersama, dan mempunyai kesamaan bahasa, agama, ideologi, budaya, dan/atau sejarah.

Sumber referensi:
·         Harwantiyoko dan Neltje F.Katuuk. MKDU Ilmu Sosial Dasar. Jakarta : Gunadarma,1997.
·         books.google.com/books?isbn=9792784683.
·         http://rumahfilsafat.com/2011/07/02/cara-berpikir-kita/ .
·         http://berbagi-gan.blogspot.com/2012/09/sejarah-perkembangan-teknologi.html

No comments:

Post a Comment

Soal dan Jawaban Test Glints Academy Career Exploration

Berikut beberapa contoh soal dasar tentang HTML dan CSS yang mungkin anda temui di Glints Career Exploration. Semoga Bermanfaat. Jawaba...